Children Course - Bimbingan Belajar Privat

Piaget (ahli pendidikan, 1950) menyatakan bahwa setiap anak memiliki cara tersendiri dalam menginterpretasikan dan beradaptasi dengan lingkungannya (teori perkembangan kognitif). Menurutnya, setiap anak memiliki struktur kognitif yang disebut schemata yaitu sistem konsep yang ada dalam pikiran sebagai hasil pemahaman terhadap objek yang ada dalam lingkungannya. Pemahaman tentang objek tersebut berlangsung melalui proses asimilasi (menghubungkan objek dengan konsep yang sudah ada dalam pikiran) dan akomodasi (proses memanfaatkan konsep-konsep dalam pikiran untuk menafsirkan objek).
Kedua proses tersebut jika berlangsung terus menerus akan membuat pengetahuan lama dan pengetahuan baru menjadi seimbang. Dengan cara seperti itu secara bertahap anak dapat membangun pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungannya. Berdasarkan hal tersebut, maka perilaku belajar anak sangat dipengaruhi oleh aspek-aspek dari dalam dirinya dan lingkungannya. Kedua hal tersebut tidak mungkin dipisahkan karena memang proses belajar terjadi dalam konteks interaksi diri anak dengan lingkungannya.
Pembelajaran pada hakekatnya adalah suatu proses interaksi antar anak dengan anak, anak dengan sumber belajar dan anak dengan pendidik. Kegiatan pembelajaran ini akan menjadi bermakna bagi anak jika dilakukan dalam lingkungan yang nyaman dan memberikan rasa aman bagi anak. Proses belajar bersifat individual dan kontekstual, artinya proses belajar terjadi dalam diri individu sesuai dengan perkembangannya dan lingkungannya.
Belajar bermakna (meaningfull learning) merupakan suatu proses dikaitkannya informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Kebermaknaan belajar sebagai hasil dari peristiwa mengajar ditandai oleh terjadinya hubungan antara aspek-aspek, konsep-konsep, informasi atau situasi baru dengan komponen-komponen yang relevan di dalam struktur kognitif siswa. Proses belajar tidak sekadar menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta belaka, tetapi merupakan kegiatan menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang utuh, sehingga konsep yang dipelajari akan dipahami secara baik dan tidak mudah dilupakan. Dengan demikian, agar terjadi belajar bermakna maka guru harus selalu berusaha mengetahui dan menggali konsep-konsep yang telah dimiliki siswa dan membantu memadukannya secara harmonis konsep-konsep tersebut dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan.
Berdasarkan hal tersebut anak bisa belajar sesuai dengan perkembangannya, irama belajarnya dan gaya belajarnya. Bimbingan belajar di Pelangi Indonesia Children Course menerapkan pembelajaran yang bersifat individual disesuaikan dengan perkembangan dan gaya belajar anak, menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa dengan cara-cara mudah, menyenangkan serta dilengkapi dengan permainan-permainan yang merangsang minat dan motivasi anak dalam belajar.
Bimbingan belajar di Pelangi Indonesia menggunakan bahan pelajaran siswa yang dipakai di sekolah sehingga diharapkan apa yang belum dipahami oleh siswa di sekolah benar-benar bisa  dipahami ketika diajarkan oleh guru kami melalui bimbingan belajar privat ini.

VISI
Meningkatkan prestasi siswa di sekolah dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahan pelajarannya.

MISI
• Memberikan bimbingan belajar secara individual kepada siswa dengan metode dan pendekatan yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa.
• Memberikan pembelajaran berdasarkan irama belajar dan materi siswa di sekolah.
• Memberikan pembelajaran dengan kualitas terjamin karena dibimbing secara personal oleh tentor yang telah berpengalaman.
• Mendorong/memotivasi anak untuk meningkatkan prestasi belajarnya di sekolah.

KRITERIA PEMBIMBING KAMI
• Perempuan/laki-laki
• Berpengalaman mengajar anak
• Muda dan Smart
• Pendidikan minimal D3 (atau masih kuliah semester akhir)
• Menyukai anak-anak dan menyukai dunia pendidikan
• Telah mendapat pelatihan/training yang berkaitan dengan dunia anak dan cara mengajar anak.


Bagaimana cara ikut BIMBINGAN BELAJAR di  Pelangi Indonesia Children Course?
1. Pendaftaran Anak
Orang tua bisa mendaftarkan anak untuk menjadi siswa BimBel dengan datang langsung ke kantor pusat kami. Orang tua bisa memilih satu atau lebih mata pelajaran yang ditawarkan di bimbel Pelangi Indonesia. Mata pelajaran tersebut yaitu Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, atau calistung untuk anak TK . Selain itu, Bimbingan Belajar di Pelangi Indonesia juga melayani privat Komputer dan Science. Orang tua bisa memilih pelaksanaan bimbel di rumah atau di kantor pusat kami.
Bimbel bisa dilaksanakan secara individual (1 anak) ataupun kelompok dengan jumlah siswa maksimal 4 anak (dengan usia/kelas yang sama dalam 1 kelompok).
2. Pengisian Formulir Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan dengan pengisian formulir pendaftaran. Orang tua mengisi lengkap formulir dan menggambarkan denah rumah apabila bimbel ingin dilaksanakan di rumah siswa.
3. Pembelian Voucher
Pembayaran bimbel dilakukan dengan sistem voucher. Satu voucher berlaku untuk 4x pertemuan dan hanya berlaku untuk satu mata pelajaran. Orang tua harus membeli voucher terlebih dahulu sebelum bimbel dimulai dan membeli kembali apabila voucher sudah habis. Apabila pertemuan sudah habis dan orang tua belum membeli kembali voucher kami, maka bimbel akan dilaksanakan lagi setelah pembelian voucher. Voucher tidak bisa dipindahtangankan, hanya berlaku untuk anak yang namanya tertera di dalam voucher tersebut.
4. Bimbingan Belajar di kantor pusat
Orang tua bisa memilih pelaksanaan bimbel di kantor pusat kami dengan memilih jadwal yang telah kami tentukan. Pelaksanaan bimbel di kantor pusat kami tidak akan menambah biaya bimbel.
5. Bimbingan Belajar di Rumah
Orang tua juga bisa memilih pelaksanaan pembelajaran di rumah. Waktu belajar bisa disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari siswa dan disesuaikan juga dengan waktu dari guru kami. Siswa tidak perlu keluar rumah karena tentor kami yang akan datang ke rumah.

0 comments:

Post a Comment