Wednesday, October 26, 2016

Home Schooling TK Green: Bermain Bersama di Rumah Arya


Salah satu agenda rutin untuk siswa dan siswi TK Pelangi Indonesia adalah Home Schooling. Home Schooling merupakan kegiatan berkunjung ke rumah salah satu teman. Dalam program tersebut, kegiatan pembelajaran tetap dilaksanakan seperti biasa. Bedanya, KBM berlangsung di rumah teman yang dikunjungi.

Program Home Schooling dilaksanakan satu kali setiap semester dan berlangsung selama satu hari. Lokasi Home Schooling ditentukan berdasarkan kesepakatan antara edukator dan orang tua siswa. Sebelum ditentukan, biasanya edukator menawarkan terlebih dahulu bila ada siswa/orang tua yang berminat sebagai tuan rumah kegiatan Home Schooling.


Program Home Schooling memiliki beberapa manfaat untuk siswa. Dengan berkunjung ke rumah salah seorang teman, para siswa bisa mengenal anggota keluarga dari teman yang dikunjungi, mengetahui kebiasaan, serta melihat lingkungan di sekitar tempat tinggalnya. Hal lain yang diperoleh dari kegiatan Home Schooling adalah belajar untuk menjaga sikap saat tengah berkunjung ke rumah orang lain. Selain itu, siswa-siswi TK juga belajar berbagi misalnya dengan membagi bekal atau meminjamkan mainan yang dimiliki.

Tanggal 26 Oktober 2016 ini, giliran TK Green yang melaksanakan kegiatan Home Schooling. Home Schooling kelas Green dilaksanakan di rumah Arya. Pukul 08:30, seluruh siswa Kelas Green sudah bersiap untuk berangkat ke rumah Arya. Rumah  Arya terletak tidak jauh dari sekolah, yaitu di daerah Deresan.


Sampai di ruma Arya, para siswa kompak menyapa dan memberi salam kepada tuan rumah. Kebetulan yang saat itu berada dirumah hanya Arya dan Mama Arya. Siswa-siswi Kelas Green pun dipersilakan masuk dan segera memulai kegiatan. Biasanya, Home Schooling diawali dengan berjalan-jalan di lingkungan sekitar rumah teman yang dikunjungi. Tetapi, karena cuaca hari itu mendung, kegiatan jalan-jalan di sekitar rumah Arya pun dibatalkan.

Home Schooling di rumah Arya diisi dengan program Construction. Tema Construction kali ini adalah Binatang Ternak. Sebelumnya Miss Dianing dan Miss Dia menjelaskan jenis-jenis hewan ternak, misalnya sapi, domba, dan kambing. Setelah itu, siswa dan siswi Kelas Green dibagi dalam beberapa kelompok yang beranggotakan lima anak. Setiap kelompok bertugas “membangun” sebuah peternakan lengkap dengan aneka binatang ternaknya. Para siswa selanjutnya sibuk dengan tugas masing-masing, ada yang menggunting, melipat, dan menempel. Setiap anggota kelompok bekerjasama untuk membangun peternakan masing-masing.


Usai program Construction, siswa-siswi TK Green beristirahat sembari menikmati bekal. Dan waktu yang ditunggu-tunggu pun akhirnya tiba, yaitu bermain bersama. Para siswa tampak sangat senang dan antusias saat bermain. Kenapa? Ternyata Arya memiliki banyak sekali mainan! Ada lego, mainan robot, otoped, kuda kayu, juga sepeda. Arya pun dengan senang hati meminjamkan mainan-mainannya kepada teman-teman.

Tidak terasa kegiatan Home Schooling akhirnya selesai. Seluruh siswa Kelas Green bersama-sama membereskan mainan-mainan yang dipinjam. Selanjutnya mereka berpamitan kepada Arya dan Mama Arya dan kembali ke sekolah. Para siswa juga tidak lupa mengucapkan terima kasih karena sudah diizinkan berkunjung dan bermain di rumah Arya.



-Mugi-
Share:

0 comments:

Post a Comment